Rabu, 29 Mei 2013

Rubik's

Postingan kali ini tidak lain tidak bukan, hanya postingan absurd yang inspirasinya datang secara tiba-tiba. Karena, tadi baru selesai beres-beres kardus yang berisi mainan lama, yang udah penuh dengan sarang laba-laba, sepasang kecoak yang sedang pacaran, dan kakak-beradik curut yang sedang main kejar-kejaran. Setelah beres-beresin kardus tersebut, didalamnya terdapat dua buah rubik kumal yang sekitar 3 tahun yang lalu selalu aku mainin, selalu aku puter-puterin, dan selalu menjadin alasan aku nunda ngerjain PR. Berhubung rubik adalah mainan favorite aku pas tahun 2010an, jadi kali ini aku mau mengangkatnya menjadi topik dipostingan kali ini! Okeeee, flashback ke 3 tahun silam...

*sssst.. rubiknya lagi pacaran tuh*

Pertama kali kenal dengan rubik itu sekitar tahun 2010. Iya, pas baru-baru masuk SMA. Awal mula nya dikenalin sama temennya om aku, (kalo nggak salah) namanya Om Rahmat. Setiap main kerumah, dia selalu bawa rubik 3X3. Sifat kepo akupun keluar pas hari berikutnya dia datang lagi kerumah. Aku tanyain gimana cara maininnya, cara nyusun tiap sisinya, cara nyatuin satu warna kewarna lainnya dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mengobati rasa penasaranku. Beruntungnya, dia itu nggak pelit  berbagi ilmu, saat itu juga dia jelasin step by step nya, aku  yang  masih buta dengan rubik cuma bisa ngangguk-ngangguk aja pas dijelasin. Selain dijelasin satu-satu, aku juga dikasih buku tutorialnya sama dia. Bener-bener minta didoain masuk sorga nih orang. Haha
Buku tutorialnya udah ada, objek utama (baca:rubik) yang mau dimainin gak ada. Jadi, saat itu juga aku langsung keliling-keliling pasar nyari rubik. Mulai dari pasar modern, pasar tradisional, mall-mall gede, sampe mamang-mamang gimbot yang jualan di SD. Waktu itu belum banyak yang jual rubik. Rata-rata tempat yang aku datengi pada bilang: “dek, rubik itu mainan musiman, jadi, tunggu musimnya dulu baru banyak yang jual”. Aku nggak putus asa untuk nyari tuh rubik. Sampai disuatu weekend, pas aku belanja sama mama ke Matahari Departement Store, aku coba iseng-iseng ke stand tempat mainan anak-anak. Disitu ada berbagai jenis rubik ternyata! Mulai dari 2X2, 3X3, 4X4, prisma, segitiga, dan berbagai macam bentuk lainnya, yang aku nggak tau namanya. Keren semua!!

Saat itu, mata aku hanya terfokus kejenis rubik 3X3, karena buku tutorial yang dikasih khusus rubik 3X3. Setelah ngeliat harga yang tertempel disisi bagian rubik tersebut, agak kaget sih. Karena tuh rubik dibandrol seharga 10 kali uang jajan aku kesekolah! Gak lucu dong, selama 10 hari puasa jajan. Mahal banget ya? yaiyalah mahal, barang ori broh, ori! Berhubung aku belum sanggup nggak jajan selama 10 hari, jadinya aku cuma bisa ngeliatin aja tuh rubik, tanpa dibawa pulang. Karena aku baru menjadi pemula dalam dunia per-rubik-an, aku putuskan juga saat itu untuk beli rubik kw. Bukan yang ori. Yakarna itu tadi karena aku nggak sanggup beli yang ori. Toh kan sama aja. Huehehe


Pencarian rubik kw  pun berlanjut keesokan harinya. Aku coba-coba nyari ditoko grosiran mainan yang ada disamping Radio gsp. Eh ketemu! Senengnya bukan main, rasanyatuh.. kayak ngebelah atmosfer berlapis-lapis, terbang bersama paus akrobatis, menuju rasi bintang paliiiiiiing manis (iya, pake kata-kata diiklan coffee good day). Dan ada satulagi yang bikin senengnya aku berlipat ganda itu... harganya kuranglebih 2 kali uang saku kesekolah!! Murah ya? yaiyalah murah, namanya juga barang kw. Langsung dibungkus saat itu juga tuh rubik. Sesampai dirumah, langsung aku praktik-in dengan buku tutorial yang kemaren dikasih itu. Susah banget ngertiinnya. Cukup lama muter-muterin tuh rubik, rumus-rumus yang ditulis dibuku tutorialnya aneh-aneh, beda sama rumus-rumus yang aku pelajari dikelas fisika yang mudah dipahami. Dengan tingkat keyakinan yang penuh, aku teru-terusan berlatih. Bangun tidur sebelum sholat subuh yang dipegang rubik, pulang sekolah yang dimainin rubik, habis makan yang diputer-puter rubik, pokoknya tiada hari tanpa rubik. Sampe-sampe aku digelar ‘rubik maniak’ sama orang rumah.

Setelah aku pahami betul-betul setiap rumusnya, aku berhasil nyusun ke-6 sisinya!! Rasanyatuh... (pake kata-kata diiklan coffee good day lagi). Excited  bangetlah saat itu. Kuranglebih sekitar 2 bulan mendalami rubik dengan latihan terus menerus, sampai pada akhirnyaaaaaa: aku berhasil mencapai rekor 1 menit 38 detik!! WOOAAAH. Ngaak nyangka bisa secepat itu. Cacatan waktu tersebut udah aku tempel didinding kamar sejak pertamakali bikin rekor tersebut, biar selalu ingat. Dan rekor yang pernah aku buat lagi adalah: main rubik dengan menggunakan kaki!! Iya, muter-muternya pake kedua kaki. Kuranglebih durasinya sekitar 4 menit 15 detik. Kereeeeen ya! huehehe

Ohya, untuk sekarang, aku baru bisa nyelesain jenis rubik's cube 3X3, untuk rubik jenis lain belum bisa disolve.Tunggu waktu luang, nanti aku pelajari deh. nih ada salahsatu jenis rubik yang aku punya:
*sampe sekarang baru bisa nyelesaian satu sisi warnanya*

Oke, segitudulu flashback tentang rubiknya ya. Akunya mau ngelanjutin beres-beres kardusnya duluya, barang kali nemu inspirasi buat postingan berikutnya. Bye:* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar