Senin, 09 September 2013

OSPEK

Baiklah, ini adalah sambungan dari tulisan aku sebelumnya ya. Nah, disini aku hanya ingin curhat-curhat random aja, enggak bermaksud untuk menjelekkan beberapa nama kok. Okedeh, dipostingan kali ini aku bakal bongkar apa aja agenda ospek selama seminggu, tips-tips bodoh yang aku praktik-in, kesan dan pesan selama ngikutin ospek kemarin, serta keinginan yang ingin aku wujudkan. So, mari siapkan mata, air putih, dan beberapa cemilan agar kamu ga ngantuk selama baca tulisan ini. Yaudahdeh, langsung aje ye.. 

1.   Agenda ospek selama seminggu

Senin(2/9) itu kegiatan praospek. Sebelum lanjut cerita panjang lebar, kamu harus baca dulu –Praospek hari pertama-

Selasa(3/9) masih dalam kegiatan praospek hari kedua. Dihari itu adalah hari dimana jam 8 pagi udah ngumpul dan sekitar jam 18:30 baru pulang. Dan dihari itu juga udah mulai disuruh buat atribut aneh-aneh yang untuk besok kudu wajib dipake. Beberapa atributnya itu: topi setengah bola, kalung permen liontin empeng bayi, gelang dari kabau+jengkol, ikatpinggang rumbe-rumbe + pete sama terong, sepatu petani, kaos kaki cibi-cibi kanan, kaos kaki bola kiri, dan tas dari sarung. Kurang aneh apalagi coba disuruh pake gitu-gituan?hih-_- mana adalagi disuruh bawa barang-barang yg lain lagi seperti: mie, sarden, silverque*en, toblero*ne, cadbu*rry, susu kaleng, minuman te*bs, sabun, sampo, eh pokonya banyak lagi deh.-. itu semua harus dibawa keesokan harinya loh! Gilak banget kan, ya terpaksa deh jatah tidur aku kepake cuma buat ngerjain itu semua :’

Rabu(4/9) adalah hari pertama ospek dimulai dan hari dimana aku ngerasain suasana Ramadhan lagi. Kenapa? Karena dihari itu aku mesti keluar rumah sekitar jam 3:30 subuh untuk kekampus. Kalo gamikir sertifikatnya buat syarat wisuda, ogah banget dah ngelakuinnya. Ohya, hari itu aku datangnya telat 15 menit, sekitar jam 3:45 . Tanpa ba-bi-bu lagi aku kena marah. Aku cuma bisa nunduk. Selama aku nunduk, aku malah ketiduran, dan aku pun kena marah lagi. Hari-hari aku pun dipenuhi bentakan para senior. Sabarr :’   

Kamis(5/9) hari kedua ospek. Datangnya sama, jam 3:30 subuh. Untungnya aku gatelat. Tapi setepat waktu gimanapun, bentakan senior mah gapernah absen. Sebenar apapun yang aku lakuin semua bakalan salah. Iyasih, semua ini gara-gara pasal-pasal yang udah ada:

PASAL 1: PANITIA SELALU BENAR.
PASAL 2: PANITIA TIDAK PERNAH SALAH.
PASAL 3: APABILA PANITIA SALAH, MAKA KEMBALI KE PASAL 1.

Jadi udah tau lah ya, sekalipun bener, yatetep salah. Untungnya pasal beginian hanya berlaku dimasa ospek yekan. Gakebayang deh kalo didunia realnya begitu juga. Ohya, di hari kamis ini ada ospek jurusan juga. Ospek jurusan bagi aku lebih seru dibandingi ospek umum. Kegiatan diospek jurusan seru-seru banget! Apalagi panitia-panitianya! :3 
Sama seperti ospek umum sih, kita dibagi jadi beberapa kelompok gitu. Dan anehnya aku selalu ditempati dikelompok 2 dari terakhir. Naasnya nasib aku itu ketika kelompok aku cuma berjumlah 2 orang, sedangkan kelompok lain rata-rata 10 orang-_-

Jum’at(6/9) hari ketiga ospek. Udah mulai kebiasa bangun pagi. Tapi hari ini ada keringanan sedikitlah, disuruh dateng jam 4:30 subuh. Selisih 1 jam dari biasanya. Secara garis besar, agenda hari jum’at ini sama aja kayak hari kamis kemarin. Dan hari jum’at ini merupakan ospek jurusan terakhir. Eh bukan terakhir sih, soalnya khusus jurusan aku (baca:farmasi) masih ada ospek jurusan selama 6 bulan kedepan. “Tuhan, kapan penderitaan ini akan berakhir..” begitulah keluhan beberapa anak maru farmasi yang sering aku denger.

Sabtu(7/9) hari terakhir ospek. *jingkrak-jingkrak* senengnya bukan main lagi bro. Untuk hari sabtu ini jadwal datangnya balik lagi kayak hari pertama ospek, jam 3:30 subuh. Lagi lagi aku gatelat. Dan lagi-lagi aku tetep kena marah karena ada beberapa atribut yang gak aku pake. Dan dihari ini juga semua senior angkatan pertama datang. Mencekamnya lebih dramatisir banget bro. Aku gaboong. Sumpeh dah-_- entah mau dibilang keberuntungan atau emang dari sononya, ketika aku kena hukum skotjump, kaki aku malah keram, dan aku  dibawa keruang medis, itu sekitar jam 4 pagi. Setelah hampir 2 jam aku di ruang medis, aku liat temen-temen yang lain bajunya udah pada ga berbentuk semua, kaya ikan lele. Lumpur semua. Aku rasa ini suatu keberuntungan juga sih, untung aja kaki aku keram tepat waktu, kalo engga aku bakal disuruh skotjump sampe 100 kali. Bisa-bisa bukan keram lagi, malah bisa jadi patah -.- 

Lanjut.. Agenda siangnya hanya penyampaian beberapa materi untuk pengenalan kampus, dilanjut lagi kegiatan sore, kita semua ngumpul dilapangan terus bikin satu lingkaran gede. Saling pegangan tangan satu sama lain, mata ditutup, dan kita dipaksa makan (yang katanya sih) cacing, sama megang belut. Yah aku mah oke-oke aja. Ehtapi gasedikit juga yang pada teriak-teriak histeris ketakutan. Oke.. lanjut keagenda malam, ketika kita joget-joget nyantai tiba-tiba para senior angkatan pertama datang kaya orang mau tawuran gitu, sambil marah-marah sama panitia penyelenggara, kita semua diam, nontonin doang. Aku gak panik, karena aku udah tau, itu cuma akting, udah ada skenarionya, ah basi. Dan setelah marah-marah selesai, kita semua ngidupin lilin, tibalah akhir acara; malam renungan. Semuanya nangis. Gaterkecuali aku. Aku nangis itu ketika menyangkut soal orangtua. Iya, kalo udah ngomongin orangtua, melow lah jadinya. Orangtua udah mahal-mahal masukin aku kuliah, aku harus bisa bikin orangtua aku bangga! Selesai malam renungan, pulang deh. Kerumah, tidur, bales dendam tidur, karena selama seminggu kemarin  tidur hanya 3jam perhari.


2.   Tips-tips bego yang aku lakuin selama ospek.
Tips-tips dibawah ini aku ambil seacara acak dari Twitter. Tips-tips berikut tidak untuk dicontoh ya teman-teman ;)

1.     Jangan terlalu mengikuti peraturan, karena peraturan dibuat untuk dilanggar.
Nah, tips pertama ini aku praktik-in disaat ospek pertama sampai ospek terakhir. Ketika temen-temen yang lain pake atribut gelang kabau dan jengkol, tali pinggang pete dan terong, celana trening ungu, dan kaos kaki bola, aku malah gamake semua itu. Bukan karena ganiat untuk nyari/buat atribut yang begituan, tapi emang dari hati aku nolak buat make atribut yang begituan. Toh sama aja, yang make selengkap apapun tetep kena hukum, mending gausah make sekalian. Eassy kan?

2.     Ketika dibentak senior, menunduklah.
Tips kedua inipun aku laksanain dihari pertama ospek. Berawal dari ketidaklengkapan atribut yang aku pake, akupun jadi sasaran bentakannya senior. Aku hanya bisa menunduk. Menunduk dan menunduk. Dan aku selalu mengingatkan batin aku biar jangan cengeng ketika dibentak, dengan berpura-pura  menganggap senior yang ada didepan hanyalah seorang yang gagal akting ditelevisi. Berhasil, batin aku gapeka kena bentakannya senior, bukannya ingin nangis, malah pengin ketawa.

3.     Ketika kena marah senior, jangan bilang..
"JADI INI SALAH GUEH? SALAH TEMEN-TEMEN GUEH?!" jangan..
Yaaah, aku sempet kepikiran pengin bilang kata-kata itu sih ketika aku kena marah, aku pengen liat reaksi apa yang tercetak diwajah senior itu, tapi setelah aku pikir-pikir, lulus tidaknya aku kuliah tergantung selembar sertifikat ini. alhasil; kata-kata itu gak aku bilang. Cukup tertulis disini ajaya:’)


3.   Kesan dan pesan selama ospek.
Setelah seminggu aku jalani yang namanya pra-ospek, banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari beberapa hari itu. Mulai dari menjadi seorang yang mandiri, disiplin, berani, bisa menghargai waktu, dan yang pasti banyak pengalaman baru dalam mengenal teman dari berbagai daerah. Selain itu juga, pesan yang selalu senior sampein dan selalu aku ingat itu “SENIORITAS DIKAMPUS KITA INI KENTAL, JAGA BAIK-BAIK, DEK..” masih jaman ya main senioritas-an? iyaiya, dalam masa ospek ini aku diajarin untuk hormat sama senior, dengan menerapkan '5 S' ketika bertemu senior, yaitu: Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun. Itu semua karena senior sangat membantu disaat kita buta soal kuliah. Dan intinya, dimasa-masa ospek ini aku belajar banyak tentang kehidupan 'seorang mahasiswi' beneran, bukan tentang anak SMA lagi. Dan intinya lagi, aku seneng banget bisa ngejalani ospek ini, suatu pengalaman baru menuju pengalaman yg lebih menantang. Akhir kata,Terimakasih banyak ya, kakak-kakak semua, kalian luarbiasaaaa.


4.   Mimpi yang Ingin aku wujud kan
Aku punya mimpi, mimpi yang semacam target yang ingin aku kejar, yaitu: aku ingin bikin orangtua aku bangga, dengan cara lulus kuliah tepat waktu. Terus dapet gelar S.Farm. Dapet beasiswa. Lanjut nyambung kuliah keprofesian di universitas ternama. Setelah nama aku berubah jadi ‘Winda Pratama, S. Farm,. Apt’ aku langsung dapet kerja sesuai passion; seorang farmasis muda yang handal. Aamiiiin-in woii! *aamiiiin – aamiiiin ya robbal’alamiiin*


Oke, cerita tentang ospeknya segituaja ya, udah kepanjangan banget nih. Silahkan kunjungi tulisan aku yang lain.

Dengan cinta, winda.

1 komentar: