Senin, 04 November 2013

Farmasetika 1-2-3


Hallo.
Apa kabar, blog? Maaf ya udah lama ga ngurusin elo. Gue sibuk banget akhir-akhir ini. Sibuk sama kuliah, praktikum, tugas-tugas, dan sibuk juga sama ospek jurusan yang berakhir disemester 2. Yah lo bayangin sendiri lah, pagi gue praktikum – siang gue kuliah – dan malamnya gue ngerjain tugas-tugas yang bisa dibilang enggak manusiawi banget. Itu untuk hari efektifnya, dan untuk weekendnya sendiri, hari-hari gue dipenuhi dengan kegiatan ospek. Dan semua aktifitas itu membuat gue jadi jarang nulis diblog ini. Fix gue baru ngerasain yang namanya jadi ‘MAHASISWA’ beneran. Yang awalnya gue kira mahasiswa itu cuma sok sok sibuk, tapi gue salah, jadi mahasiswa itu emang beneran sibuk! Beneran!

Kok gue jadi curhat gini ya?-_- Hm.. Tujuan gue ngeposting tulisan kali ini emang pengen curhat sih. Gapapa yekan. Dan topik curhat gue kali ini tentang praktikum farmasetika dasar. Boleh ya?
Dibawah ini, ada 3 praktikum farmaset selama bulan oktober kemarin.


Farmaset 1 ( 9-Oktober-2013)

Kita disuruh buat obat vitamin C dalam bentuk puyer. Berikut Copy Resepnya:


Setelah kurang lebih 2 jam membuat Jurnalnya ( terdiri dari: kelengkapan resep, penimbangan bahan, perhitungan dosis, dan cara kerja), dilanjutkan dengan menggerus bahan-bahannya. Daaaaan.. akhirnya jadi juga obat puyernya! 


Dari penilaiannya tersebut, diketahui bahwa nilai gue:
  • Sediaan        : 80 (sempurna! jumlah obatnya pas 10 bungkus)
  • Etiket            : 70 (sedikit nggak lengkap)
  • Copy resep : 50 (karena sangat tidak lengkap)
  • Jurnal           : 60 (banyak yang belom diisi). 
Setelah semuanya ditotalin dan diambil rata-ratanya, nilai pertama gue: 65. Kalo nilai sempurnanya 80. Gak terlalu buruk lah ya, secara kan itu pertama kalinya gue gerus obat, dan buat jurnalnya. Finally, alhamdulillah. Praktikum farmaset 1 berhasil.


Farmaset 2 ( 23-Oktober-2013)

Farmaset yang ke-2 ini agak ribet dari Farmaset 1 kemarin. Banyak temen-temen yang praktikumnya lebih dulu dari gue, rata-rata nilainya 0. Jujur, gue langsung pesimis saat itu. Gue takut kalo apa yang terjadi sama temen-temen gue, juga terjadi pada gue #sokdramatisir. Kata mereka (yang dapet nilai 0) Farmaset 2 ini susaaaaah banget, signa/aturan pakainya tiap orang beda, jadi gabisa liat (baca:nyontek) kiri-kanan, udah gitu ada dosis yang melebihi batas maksimum dan kudu diturunin. Awalnya gue gangerti maksudnya apa dan gimana, tapi setelah praktikumnya gue laksanain sendiri, emang ribet ternyata. Ribet banget malah.  Well, ini copy resepnya:


FYI, copy resep nya itu gue bikin sendiri loh. Iya, gue belajar dari kesalahan kemarin. Kemarin kan gue gapake copy resep yang beginian, cuma nulis tangan dan itupun salah banget. Ohya,temen-temen gue yang lain copy resepnya pada beli dikoperasi mahasiswa, gak kreatif yekan. Prinsip gue sih, selagi masih bisa bikin sendiri, ngapain harus beli? #alibipenghematan #maklumlahmahasiswa. Oke, back to topic!

Malam sebelum praktikum, diktat buat besok gue liatin, gue pahamin maksud isinya, tapi tetep aja gue gatau obat apa yang bakal gue buat besok dari campuran Paracetamol, CTM, dan Dexametason ini. Tapi setelah gue cari tau masing-masing khasiatnya, satu kesimpulan yang gue buat, ini obat anti alergi. Masih sama kayak Farmaset 1 kemarin, obatnya dalam bentuk puyer.

Ternyata bener apa kata temen-temen gue, signa/aturan pakainya beda-beda tiap orang. Dan dosisnya ada yang dituruni. Awalnya udah ngitung bener-bener, eh pas dosis nya dituruni, penghitungan dosisnya salah total. Ulang lagi deh. Diktat gue jadi jorok gini-_- Dan dalam waktu 2 jam sediaan puyer Anti Alergi gue jadi. Berikut penampakannya:

 

Alhamdulillah. Itulah kata-kata yang gue ucapkan setelah diktatnya berada ditangan gue. Ternyata apa yang gue takutin diawal tadi gaterjadi sama gue. Bukannya sombong ya, liat dong, nilai gue gak 0~ hehehe. Nilai yang gue dapat di Farmaset 2 ini:
  •        Sediaan        : 40 (karena nyusunnya gak rapi)
  •      Etiket            : 70 (signa 'berapa bungkus sekali makan' nya gaketulis, kelupaan)
  •        Copy resep  : 80 (sempurna!)
  •      Jurnal           : 60 (ini karena cara kerja yang gue tulis kebalik, gue nulisnya “gerus dulu bahan yang mempunyai bobot paling besar” harusnya: ‘gerus dulu bahan yang dosisnya paling kecil’ kalo nimbangnya baru bobot yang paling besar)
Setelah dijumlahin 4 nilai tersebut, nilai akhir gue: 62. Walaupun lebih rendah dari nilai Farmaset 1, tapi gue bersyukur banget, gak dapet 0. Dan.. alhamdulillah, Farmaset 2 gue kali ini berjalan mulus, semulus pahanya ceribel-_-


Farmaset 3 ( 30-Oktober-2013)

Gakerasa udah 3 kali aja praktikumnya. Dan untuk Farmaset yang ke-3 ini beda dari farmaset 1 & 2. Kali ini kita disuruh buat obat TBC, dan yang lebih membedakannya itu, sediaannya gak berbentuk puyer lagi, tapi berbentuk kapsul. Ini yang gue senengin dari farmasi, tiap praktikum selalu memberikan kejutan dan sensasi yang W0W(!) ohya, kata temen-temen gue yang lagi-lagi praktikumnya lebih dulu dari gue, farmaset 3 ini susahnya melebihi farmaset 2 kemarin. Dan yang dapetin nilai 6 keatas itu sedikit banget. Timbul lagi rasa pesimis gue. Tapi, rasa pesimis itu gak lama mampir dalam diri gue, langsung gue usir, gue ganti jadi optimis! I think I can! Gue percaya, gue bisa! Nih, copy resepnya:


Dari Farmaset 2 sampai ke farmaset 3 ini gue nulis nama dokternya Ryan Thamrin mulu ya. Iya, soalnya gue emang ngfans sama dia. Udah ganteng, pinter, dokter pula. Apalagi kalo nghost di Dr. Oz. Cakepnya malaikatwi bangettt.. *salahfokus*

 tarraaaaaa.. ini yang bikin bahagia!
  
Berhasil! Iya, gue berhasil buat obat TBC dalam bentuk kapsul. Alhamdulillah, nilai gue hampir mendekati sempurna, liatdeh:
  •       Sediaan       : 80 (lengkap dan nyusunnya rapi)
  •       Etiket           : 70 (karena ‘sesudah/sebelum makan’ dalam etiket gue coret dua-duanya)
  •        Jurnal          : 80 (sempurna, alhamdulillah!) 
  •     Copy resep : 70 (tulisan ‘s.prn’ yang udah gue tulis, gue hapus lagi, gue ragu, padalah kalo gak dihapus dapet 80 tuh)
  •  
Gue bingung sama dosennya, 80+70+70+80 itukan 300, dibagi 4 dapetnya 75. Tapi dosennya ngjumlahin 310 dibagi 4 jadi 77,5. Enggak, itu gak penting dibingungin. Yang penting sekarang, gue syukurin, Alhamdulillah. Hahaha.

Yaaaaah.. inilah cerita tentang praktikum farmaset gue. Untuk praktikum selanjutnya, gue berusaha keras untuk dapatin nilai yang sempurna, bukan cuma nilai yang sempurna, gue juga berusaha keras untuk menyerap ilmunya. Gue, Winda Pratama, selamat malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar