Minggu, 10 November 2013

Ke Jambi Yuk


Hai, apakabar? Ada rencana pengin liburan keluar kota? Jambi aja pilihannya! Saya bersedia kok jadi tour guide kalian. Ets, sebelum saya jadi tour guide kalian yang mau ke Jambi, saya mau memperkenalkan Jambi dulu deh ya.

Baydewey, kalian udah pada tau belum sih letaknya provinsi Jambi itu dimana? Hayo dimana? Gatau ya? yaudahdeh, nih saya kasih tau dulu ya. Jambi itu terletak di pesisir timur dibagian tengah pulau sumatra. Jadi, intinya Jambi itu tepat berada ditengah-tengah kota Palembang, Padang, dan Riau. Masih bingung juga? Cek deh atlas yang ada dirumah kamu. Gak ada atlas? Kan ada Google Maps. cek yooo! : )

Jambi, mungkin sebagian dari kamu masih gak tau apa aja kelebihan yang ada di kota ini, yakan? Wajar kok. Jambi ini kotanya jarang di eksplor. Lihat aja ditelevisi, jarang banget nama ‘Jambi’ nongol. Jadinya kurang terkenal dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada sumatra ini, seperti Padang misalnya, terkenal dengan rendangnya, atau Palembang yang dikenal dengan Ampera-nya. Yawalaupun kurang terkenal, bukan berarti Jambi ini gak punya kelebihan, ya.

Mau tau gak apa aja kelebihan dikota kecil yang punya sejuta keunikan ini? beneran mau tau? Yuk mari baca beberapa point dibawah ini!

Bukan Jambi namanya yang jika tidak punya keindahan dunia yang tersembunyi. Jambi itu punya ‘Sekepal Tanah Surga yang tercampakkan ke Bumi’ yang ter-ter. Yaitu:

1.    Gunung api TER-tinggi di Indonesia
2.    Kebun teh TER-luas di dunia dalam satu hamparan & TER-tua di Indonesia
3.    Komplek candi TER-luas se Asia Tenggara
4.    Sungai TER-panjang di Sumatra
5.    Dialek bahasa TER-banyak se Nusantara

Gak percaya ya? mau saya jelasin satu-satu? Oke-oke, saya jelasin semuanya deh, tapi janji ya, kalau mau liburan ke luar kota, liburannya ke Jambi aja ; )

1.    Gunung api
          Gunung Kerinci

Di salah satu kabupaten yang ada dikota Jambi, kabupaten Kerinci, terdapat sebuah gunung  yang bernama Gunung Kerinci, gunung ini merupakan gunung api TER-tinggi di Indonesia. Kalau dari pusat kota Jambi, untuk sampai kedaerah ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 jam perjalanan darat.

Ayo, yang ngerasa dirinya Pecinta Alam sejati, monggo dicoba adrenalinnya disini! Hanya butuh 2 hari untuk sampai kepuncaknya loh, setelah sampai dipuncak gunung, itu berarti  kamu sedang berada diatap Sumatra. Bayangin, kamu berada diatapnya Sumatra bro, kurang keren apalagi coba. Dipuncaknya itu kamu bisa melihat lanskap kota Jambi, Padang, Palembang, Riau dan Bengkulu sekaligus. Kamu juga bisa melihat Samudera Hindia yang membentang indah di kejauhan. Inilah sebuah pengalaman yang tidak bisa dibayar dengan sejumlah  uang. Sampai ada istilahnya loh “jangan mati dulu sebelum mengunjungi gunung kerinci”.  Nah, jadi gimana, ada niat mau kesini? : )
Ohya, kalian tau sama Pak Joko Widodo? Iya, Gubernur Jakarta itu loh, ternyata pak Jokowi dulunya pas masih muda juga pernah mendaki Gunung Kerinci ini. mau buktinya? Nih, fotonya pak Jokowi.. tjakep banget yak.
Sumber: detik.com


2.    Kebun teh
Kebun teh Kayu Aro

Kebun teh yang mempunyai 2 predikat sekaligus, baik kebun teh yang TER-tua di Indonesia maupun kebun teh yang TER-luas di dunia dalam satu hamparan ini, terletak disekeliling Gunung Kerinci yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Gunungnya TER-tinggi, hamparan teh nya TER-luas, serasi banget ya, saling melengkapi gitu, atas nama keindahan pesona. Soswit. Nah, buat kalian yang udah pengap sama udara kota yang kotor, cobadeh sekali-sekali mampir kesini, udaranya tuh masih alami banget. Gacuma itu, suhu disini dingin banget, ya semacam lagi berada diluar negeri gitu deh. Gapercaya? Beneran, saya ga bohong. Makanya kesini dong! : )


3.    Komplek candi
Candi Muaro Jambi

Cukup membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke komplek candi ini dari pusat Kota Jambi. Disini, suasana spiritualnya masih kental banget, karena dulunya tempat ini digunakan sebagai pusat pendidikan agama Buddha. For your info,kompleks ini sudah masuk dalam daftar tentatif World Heritage  loh. Ohya, kemarin saya sempat melihat timeline ditwitter saya, sebuah akun twitter pemberi informasi dunia, memberikan suatu info, bahwa: “Komplek Candi Muaro Jambi luasnya 2 kali Borobudur (Jawa Tengah) dan 1 Angkor Wat (Myanmar)” gak heran kan kalau komplek Candi ini mendapati gelar Komplek Candi yang TER-luas se Asia Tenggara. Nah, tunggu apalagi mendatangi tempat bersejarah nan luas ini? jangan ngaku gaul kalo belum pernah ke Candi Muaro Jambi! ; )

4.    Sungai  
Sungai Batanghari

Walaupun Jambi gak punya pantai, tapi Jambi punya sungai. Nama sungainya, Batang hari. Dan yang terpenting, Sungai yang ada di Jambi ini merupakan sungai TER-panjang di sumatra. Diatas itu, gambar sungai Batanghari yang berada dipusat kota, belum kedaerah-daerah lainnya. Keren gak sih? Keren banget! : D

Ohya, untuk di kota Jambi nya sendiri, sungai ini dimanfaati sebagai objek wisata loh. Kalau orang jambi sering menyebutnya Ancol. Ancol atau Tanggo Rajo yang ada dijambi ini semacam tempat nongkrong anak gaul Jambi, dimana cafe on the street banyak buka lapak dipinggir jalan. Muda-mudi nya makan dipinggiran sungai Batanghari. Kalau sudah sore menjelang malam, rame banget daerah sini. Selain menikmati senja hilang, yang berkunjung kesini juga menikmati arus sungai yang tenang. Pantesan aja banyak gaulwan dan gaulwati nongkrong disini. Pelajaran yang bisa saya ambil: Untuk gaul gaperlu nongrong dipinggir pantai, cukup dipinggir sungai. ; p

5.    Bahasa

Untuk mengenai bahasa, Jambi ini adalah kotanya pemegang induk bahasa Nusantara. Kenapa dibilang induk bahasa nusantara? Ini semua karena Jambi memiliki banyaknya dialek bahasa, lebih dari 500 hingga 1.000 dialek. Jadi, untuk setiap kabupaten diprovinsi jambi ini, bahasanya beda-beda. Jangankan beda kabupaten, untuk daerah Kerinci sendiri, setiap Desa/RT nya saja berbeda dialek. Lucu kan? Dan untuk bahasa provinsinya, Jambi mempunyai dialek “o”, contohnya gini deh: bahasa Indonesianya ‘mau kemana-sama siapa’ kalau bahasa Jambinya ‘mau kemano-samo siapo’. Intinya, huruf ‘a’ dibelakang kata diganti jadi huruf ‘o’. Ngerti kan? Nah, buat kamu yang pengin dengar/belajar bahasa  asing tapi tetep cinta tanah air, gaperlu deh ngeluarin duit mahal-mahal untuk pergi keluar negeri, cukup ke Jambi aja. Karena Jambi mempunyai bahasa TER-banyak se Nusantara. Ragam bahasanya se Nusantara, bro! Kesini deh makanya, ntar saya ajarin bahasanya! : )

    Setelah mendaki gunung TER-tinggi, mengelilingi hamparan teh TER-luas, jadi sejarahwan di kompleks candi TER-luas, dan nongkrong-nongkrong dipinggiran sungai TER-panjang, kurang deh ya kalo belum mencicipi makanan khas Jambi. Yuk, Wisata kuliner dulu..

 
      Kalo ngomongin soal kuliner, udah deh, nggak ada habisnya! bawaannya pengin makan mulu ya. Pas banget, di point dibawah ini saya mau menyajikan kuliner yang ada di Jambi. 

A. Tempoyak
     Jambi ini terkenal dengan tempoyaknya. Tempoyak itu bahan utamanya dari durian yang sudah dipermentasi. Cocok banget deh buat kamu yang durian addict. Eh tunggu, tunggu. Jangan khawatir buat kalian yang  anti durian, tempoyak ini baunya udah gak kayak durian yang dalam bentuk buah lagi. Pokoknya cocok disemua lidah. Biasanya, tempoyak ini di 'kolaborasi'kan dengan ikan patin (bukan Fatin Sidqia, ya). 
    Tempoyak ini kalo udah masuk dalem mulut itu rasa nyaa, beuh, sensasi asem duriannya ada, pedesnya juga gak ketinggalan, manis dan gurih dari Ikan patinnya juga nggak bisa diungkapin dengan kata-kata. Enak banget! mau nyoba? kesini dong makanya! ntar saya masakin deh : )
 Temennya tempoyak itu biasanya nasi minyak sama sambal nanas. 


B. Pedamaran
kue-khas-jambi-kue-pedamaran
        Ini loh, kue asli dari jambi yang udah terkenal. Berbentuk kapal dari daun pisang, didalemnya ada lelehan gula aren yang menggoda lidah. Namanya kue Pedamaran. Kue ini sering keluar pada musim-musim tertentu, misalnya musim bulan puasa. Diacara kawinan juga tersedia kok. 

C. Bolu kojo
      Selain pedamaran, jambi juga punya makanan khas yaitu bolu kojo. Walaupun bolu kojo ini bisa ditemui juga dikota-kota lain disumatra, tapi bolu kojo yang ada di Jambi ini rasanya beda dari yang lain. Biasanya jadi makanan utama saat Idul Fitri tiba.


D. Lemang
    Kue khas Jambi ini jadi favorite banget di bulan Ramadhan, apalagi hari raya Idul Fitri. kue ini terbuat dari beras ketan yang dimasukin kedalam bambu gitu, dibakar, kalo udah masak, bambunya dibelah dua, isinya dipotong kaya gambar diatas. Makannya bisa pake sambal, atau dimakan barengan dengan gulai/rendang. 

E. Dodol Kerinci

 
             Yaps, makanan ini gaboleh sampai ketinggalan untuk kalian cobain, asli dari Kerinci. Karena kerinci penghasil kentang yang ada dipulau sumatra, kentang pun diolah menjadi dodol. Rasanya itu gak ada duanya deh. : )

Oke.. wisata kulinernya segitu ajadulu ya ;)

    Gimana guys, tertarik gak untuk liburan ke Jambi? Kapan lagi kamu bisa berkunjung ke Gunung api, Kebun teh, Komplek candi, Sungai, dan Bahasa yang TER-TER dalam satu provinsi? apalagi kulinernya banyak, gak usah takut kelaparan kalo di Jambi. Buruan deh kesini! Jangan takut, orang  Jambi ramah-ramah kok. Butuh tour guide? Hubungi ke e-mail saya. Huahahaha. Ditunggu kedatangannya, ya! : )


Postingan ini di ikut sertakan kedalam Lomba Blog www.pipetmagz.com

48 komentar:

  1. wah.. baru tau kalo Jambi gitu :o
    jadi pengen ke Jambi :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, nunggu apalagi, buruan ke Jambi! :D

      Hapus
    2. Halo winda saya ad rencana bersama rombongan ke jambi, bisa diubantu guiding?

      Hapus
  2. Subhanallah, ada surga tersembunyi dikota kecil ini.
    Duih pengin ke Jambi lagi deh rasanya :D

    BalasHapus
  3. wisata kulinernya wind..kok di masukin juga :)

    BalasHapus
  4. wuidih...Pak Jokowi pas muda sama banget dengan sekarang pas tuanya. semoga sukses lombanya ya...

    BalasHapus
  5. Kemaren juga sempe baca postingan temen tentang Jambi... aaakk pengen banget kesanaaa.. Culik aku ke Jambi!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. *culik Emelia* yuk ke gunung kerinci! :D

      Hapus
  6. Kuliner, Win.. Kuliner..
    Aku juga punya keluarga di Jambi lho, Win..
    Kalo dipikir2 kenapa juga ya kita heboh liburan ke luar negeri padahal yang negara kita sendiri aja belum banyak yang kita kunjungi.
    Orang luar aja pada semangat datang ke Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliner di Jambi enak-enak 'kan? :3
      iya nih, setuju! banyak yg berlomba2 untuk keluar negri, padahal dinegri sendiri banyak 'surga' yg tersembunyi.
      punya keluarga dijambi ya? Main kesini dong~ :D
      ditunggu ya, Lia : )

      Hapus
    2. Iya, punya keluarga disana.
      Tapi kalo udah punya uang sendiri kayaknya lebih enak kesana tanpa ngerepotin kerabat deh.
      hehe.

      Hapus
  7. waaahhhh....... lumayan nih nambah referensi. aku baru tau kalo di jambil ada kebun teh terrluasss..
    padahal aku di pekanbaru, tapi belum pernah ke jambi. hiks. temen2 ku udah ada yang pernah naik ke gunung kerinci itu.

    eh tau gak dari pekanabru ke jambi berapa jam? siapa tau aku pengen kesana. heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuranglebih perjalanan dari Pekanbaru ke Jambi itu sekitar 14 jam perjalanan darat, cha :)
      ayo main kesini! :D

      Hapus
  8. jambi itu kota kecil dengan sejuta kenyamanan,
    yang perantau2 harus baca ne, bangga punya jambi,
    jadi pengen balik win...... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, walaupun kecil kotanya, besar keunikannya.
      ayok, ayok. habis uts tinggalin jogja, balik jambi! :D

      Hapus
  9. woh....obis boco tulison ini oku jodi pintor bohoso JAMBI...yehhh...

    kapan2 saya kesana asal transportasi dibayarin :D
    Salam kenal dari Sudut Sulawasi Selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kalo seperti itu bukan bahasa Jambi, mas. hahaha.

      masalah itu bisa diatur :D
      wah jauh juga ya dari Sulawesi Selatan, salam kenal kembali : )

      Hapus
  10. wih naksir banget dgn pemandangan di kebun teh nya itu, jambi deket gak sih dgn palembang? kapan2 ongkosin yah ;)
    kalo bahasa, disana jg setiap daerah beda2 gitu yah? terus kalo ketemu antar daerah lain gimana cara ngertiin nya? sama kayak dipalembang sih (sumsel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jambi - Palembang deket kok, 6 jam perjalanan. ongkosin? woles, tunggu saya jadi pengusaha dulu ya ;)

      iya, tiap-tiap daerah punya bahasa yang berbeda, tapi uniknya setiap orang bisa ngerti maksud bahasa satu dengan bahasa yang lain. Bhineka Tunggal Ika berlaku kental disini :)
      Kamu di Palembang? tetanggan dong~ :D

      Hapus
  11. Penasaran sama pemandangan dari atas gunung TERtinggi di Indonesia. ^^

    Aku kira tempoyak tuh asli palembang. ternyata jambi yaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo fa kita daki gunung kerincinya! buruan deh kesiniiiiiii :3

      tempoyak asli Jambi dums :)

      Hapus
  12. jadi pengen ke jambi wind heheee. nanti kalau aku mau ke jambi, kamu jadi tour guide aku gimana *belagak turis gitu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tour guide nya Nadya? siap-siap! :D
      Ayoookkk, masukin Jambi kedalam list liburannya ya nad :)

      Hapus
  13. wahh... ternyata begitu indahnya daerah tempat tinggalku selama ini

    BalasHapus
  14. gue mau kejambi setelah baca penjelesanmu diatas mbak, tanggung jawab hayo :D.


    tapi sayang jauh amat sama sidoarjo. kira-kira kalau naik motor berapa jam ya nyampe sana ??? :D/.


    kalimat Terkeren di postingan ini. "Untuk gaul gaperlu nongrong dipinggir pantai, cukup dipinggir sungai" . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tanggung jawab kok bang , ntar saya ajakin deh keliling provinsi jambi. kesini dulu makanya! ;D

      waduh.. kalo naik motor dari Sidoarjo bisa berhari2 bang.
      karena anak gaul yg nongkrong dipinggir pantai itu udah terlalu mainstream bang, jadinya dipinggir sungai aja :D

      Hapus
  15. windaaaa.. setelah baca postingan lu ini gue ngerasa cupu abis! kenapa gue sampe cupu? karena sebagai orang Indonesia gue gak pernah nginjaki kaki ke gunung api, kebun teh, dan komplek candi yg TER-TER yg ada di jambi. bukan karena itu aja gue ngerasa cupu, bahkan kalo lo gak posting tulisan yg beginian, gue bakalan gatau apa2 tentang jambi :'(

    yah, gue berharap kalo umur gue panjang, semoga tahun depan gue bisa ngunjungi kesemua tempat yg lu tulis diatas win, semoga kesampaian yaaa:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga Stepanoy panjang umur, udah gitu ada rezeki lebih untuk mengunjungi jambi tahun depan. amiiin :')

      udah saya doain tuh noy, inget ya, tahun depan harus kudu wajib datang ke jambi! :D

      Hapus
  16. Gilak! kemana aja gue selama ini baru tau kalo jambi punya gunung api tertinggi & kebun teh terluas? ah iya, gue kan udah lama tinggal di gua.. wkwk

    duileh.. sumpah gue pengen banget ngerasain tingginya gunung kerinci, gue pengen teriak sekencang2nya disana. eh win, kalo ntar gue ke jambi, lu beneran jadi tour guide gue ya! :D pengen juga nyobain tempoyak sama pedamarannya :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih jaman ya tinggal di gua? wkwkwk..melancong ke Jambi deh makanya! ;p

      iya, saya bersedia kok jadi tour guide siapapun yang mau ke Jambi, ntar kita jelajahi apapun yang tersembunyi di Jambi :D
      ditunggu kedatangannya ya, yudha : )

      Hapus
  17. bener win, jambi itu emang bener-bener "Sekepal Tanah Surga yang tercampakkan ke Bumi".
    suatu kebanggaan punya kota kelahiran seperti jambi ini.. :')

    BalasHapus
  18. Kalau ke jambi dapet sambutan yg hangat kagak :D pengen ke jambi kalau punya uang banyak :D Join back ke blog ku ya :)

    BalasHapus
  19. Penasaran sama rasa Pedamaran dan Bolu Kojo :D
    Budayanya harus tetap dijaga, peninggalan-peninggalan bersejarah itu barang mahal, anak cucu harus bisa nikmatin juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya ke Jambi deh bang, nikmati kulinernya disini.. : )

      setuju banget bang, kalo budaya aja nggak dijaga, gimana nasib sama anak-cucu kita besok? barangkali mereka bakal buta sama budaya sendiri. ironis. :')

      Hapus
  20. Weewww keren !! pengen ke sungai nyaaa.. pengen makananya juga, bawa aku kesana sekarangg !! haha

    BalasHapus
  21. yaaah elah bukannya gamau. tapi jauh bgt. ya mudah mudahan aja deh kapan kapan bisa menginjakkan kaki kesana. sukses yah buat lombanya...

    BalasHapus
  22. Semoga suatu saat bisa ke sana. Tertarik melihat budaya dan wisata yang ada di Jambi, terutama gunung Kerincinya. Mumpung masih ada saudara di sana, nanti agendain ke sana ah tahun depan, sekalian backpackeran ke tempat lain di sana. :D

    Terima kasih infonya ya, Win. Semoga menang juga.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita menang ya. Hehehe. Selamat berjuang dan tunggu saya di Jambi^^

      Hapus
  23. Ah sial.. cara kamu bahasnya keren. jadi pengen maen kesana :D

    semoga menang ya kontesnya :D

    BalasHapus
  24. aduh jadi ngiler pengen kesana...
    tapi itu budgetnya kira2 berapa ya...? buat perkiraan aja sih...ehehe

    BalasHapus
  25. Wah, ingin sekali rasanya pergi ke jambi. Berkunjung dan merasakan masakan khasnya...
    Untungny saja ga ada uang, jadi ga jadi ke jambi. Soalnya, kalau jadi ke sana, aku gga bisa pulang. Uangnya habis duluan untuk beli-beli makanan khas jambi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga menang lombanya..
      semangat dan teruslah menulis...

      Hapus
  26. Jambi.. setelah di kenalin sama yang punya blog, rasanya ingin sekali untuk bisa kesana.. tapi jauhnya betapa banget -_-

    BalasHapus
  27. Dulu pernah tinggal di Jambi waktu masih SD, ah jadi pengen kesana lagi...kapan ya? -_-

    BalasHapus
  28. hah? jadi jambi se bagus itu ya. baru tau. baru aja BW di postingan yang mau ke jambi. ini lagi promosi daerah jambi. kayaknya jambi bagus banget siih,

    BalasHapus
  29. Winda orang Jambi ya? pantesan tahu banget seluk beluknya mulai dari wisata alam disana, makanannya sampa oleh-oleh khas Jambi. Oke deh nanti kalau mimpi saya terwujud bisa kesana saya tinggal kontek winda aja yah.Sukses buat lomba blognya^^

    BalasHapus
  30. masih banyak lgi wisata2 jambi yg belum di publikasikan... 1 kelemahan jambi transportasi jalan untuk menjangkau daerah2 potwnsi ini sgt minim

    BalasHapus