Minggu, 23 Juni 2013

Masih Muda Jangan Mikirin Nikah

Biarpun usiaku baru mau otw keangka 17 tahun, tapi aku juga sering membayangkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan. Bukan untuk sok tau dengan rencana Tuhan, tapi inilah sifat aslinya manusia, hanya bisa menduga-duga. Sungguh, tidak lebih dari itu.

Kalau kamu manusia, kamu pernah nggak sih berandai-andai kemasa depan?
Misalnya: Bagaimana karir kamu diusia muda? Gimana sistem pergaulan kamu ketika udah jadi orang dewasa? Gimana asmara percintaan kamu yang tak lagi didominasi dengan kelabilan?
Gimana, pernah membayangkan itu semua nggak? Kalau pernah, berarti kita sama, asli manusia! :D

Nggak tau kenapa, akhir-akhir ini aku sering membayangkan gimana nantinya aku akan menghadapi dunia yang sesungguhnya, yang tidak lagi dimanja-manja; seperti sekarang. Bayangan-bayangan itu masuk kepikiranku, mulai dari membayangkan: masuk kuliah, diospek sama kakak tingkat, ngerjain tugas-tugas sampe larut malam, ngikutin kegiatan-kegiatan kampus, study banding kekampus lain, ningkatin IP tiap semester biar dapet beasiswa, kalo lagi nggak ada dosen nongkrong dibawah pohon dengan laptopan manfaatin wifi gratis dengan secangkir cappuccino, terus wisuda, jadi sarjana diusia muda, langsung dapat pekerjaan sesuai passion yang gajinya gede kerjanya ringan, bisa nyari uang sendiri, dan yang terakhir menunggu lamaran. Hehe. (setelah 'menunggu lamaran', sementara ini, selebihnya belum ada dibayangan)

Nah, untuk opsi bayangan yang terakhir; “menunggu lamaran” ini aku belum berpikir terlalu jauh kearah sana. Akusih mau fokusin kependidikan dulu, punya pekerjaan yang mantap, bikin orangtua bangga, baru deh nyari pendamping hidup untuk dunia&akhirat; sehidup semati. Yang bener-bener pas, bener-bener bertanggung jawab, dan yang pasti bener-bener jadi imam untuk keluarga.
 ***

Minggu kemarin Mama ngasih tau via telpon, kalo ada salahsatu temen SD aku yang udah dilamar sama keluarga pacarnya. Ditengah-tengah aku minta pendapat tentang kuliah, tiba-tiba mama ngomong:

Mama:   Win, si *sensor* dua minggu lagi mau nikah!

Aku:       Hah :o Beneran Ma? Dengan siapa?

Mama:   Iya Win bener. Sama pacarnya lah, masa sama kambing

Aku:       Lah, emang dia nggak ngelanjutin kuliah apa Ma? Sayangdonggg

Mama:   Ndak win, mungkin dia udah bosan belajar terus. Jadi mau langsung

               berumahtangga..
  

Tiba-tiba suara mama langsung berubah jadi suara papa. Papa bilang keaku...


Papa:     Winda mau juga ngikutin jejaknya si *sensor*? Kalo mau bilang langsung ke papa..
Aku:       Gimana mau ngikutin jejak dia, pa. Pacar aja winda gapunya. Blm kepikiran
               kesana, pa.
Papa:     Baguslah kalo gitu, winda tuh masih muda, masih panjang perjalanan
              untuk kedepannya..
Aku:      Iya pa.. *dengerinwejangan* *ngangguk2cantik*
Papa:    Jangan pikir berumahtangga itu enak, sulit win. Nikmati dululah masa muda
              sekarang dengan hal-hal positif. Emang winda mau, udah capek-capek belajar
              selama 12 tahun, ujung-ujungnya  cuma jadi ibu rumah tangga yang sibuk ngurusin
              anak? Sedangkan kawan-kawan yang lain sibuk menceritakan keasikan dunia kuliah?
              Winda mau gitu?
Aku:      Enggak maulah pa. Winda mau kuliah dulu, mau belajar bener-bener dulu, mau             
              sukses dulu, nanti jodohnya winda, insyaAllah, bakalan datang sendiri kok, Pa. Hehe.
Papa:    Nah, ini baru anaknya papa! pikiran winda jgn kesana-sana dulu ya win, belum pantas.
             Ohya win, untuk sekarang papa juga belum siap menimang cucu dari anak papa yang
             paling tua ini. Hehe.
Aku:     Papa ini ada-ada ajadeh. Siapa juga yang mau menimang anak cepet-cepet-_-
             (dalem hati: MasyaAllah.. aku diberi wejangan semacam aku yang mau berumah
             tangga..)


Samar-samar terdengar papa tertawa, perlahan suaranya menjauh, sekarang giliran mama lagi yang ngomong..


Mama:    Win, kalo mama boleh tau, winda mau calon suami yang gimana?
Aku:        Yang pasti baik, Ma. Yg bertanggung jawab, pokoknya yg cakepan lah, Ma
Mama:    Kalo mama sih maunya dapat calon mantu yang kayak diiklan tri ituloh win..
Aku:        Iklan tri? Yang gimana tuh ma?
Mama:    Ituloh.. kalo bisa kaya, berpendidikan tinggi, dari keluarga baik-baik..
Aku:        Ahahaha. Ih mama matre juga nih :p
Mama:    Kalo nggak matre, nggak bisa hidup win
Aku:        Duh mama sama papa sama aja nih-_-
Mama:    Blablablabla..


Setelah telpon itu ditutup dengan salam. Pikiran aku kembali fokus keteman satu SD ku dulu. Timbul beberapa pertanyaan lugu: “kok bisa ya si *sensor* kepikiran mau nikah muda? Emang dia udah bisa membina rumah tangga? Emang dia nggak iri apaya liat temen-temen yang lain pada pake almamater, sedangkan dia pake daster?” entahlah, cuma Tuhan dan dia aja yang bisa menjawab, dia yang punya badan, yang dulunya begitu akrab denganku, yang sekarang telah berubah, akan menjadi ibu rumah tangga. Mungkin itu pilihan yang  bagi dia sangat tepat. 
***

Terlepas dari obrolan tentang teman SD ku yang mau berumah tangga, ketidakinginan Papa menimang cucu cepat-cepat, dan ke-matre-an Mama yg ingin calon mantu seperti jargon diiklan tri. Aku selalu memohon kepada Allah, supaya diberi kekasih sehidup semati yang bertanggung jawab, yang setia, yang mencintai&menyayangi sepenuh hati, yang penyabar, yang pandai, yang taat, yang rupawan dimata Allah, yang rajin ibadah, yang bisa menjadi imam yang baik untuk anak-anakku kelak, yang selalu bersama denganku dalam keadaan apapun, yang baik budi juga lakunya, yang tak pandai memberi janji palsu, yang sayang sama ibu, yang bisa membimbingku kejalan yang lebih baik, yang terbaik dari yang baik-baik.

Itulah yang kuminta kepada-Nya, sederet kriteria yang aku harapkan untuk calon imamku kelak. Dan aku selalu percaya bahwa: “Perempuan baik untuk lelaki yang baik pula’’. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar