Senin, 31 Desember 2018

Tentang Perjalanan di Tahun 2018



Assalamu’alaikum, semua!

Karena sudah dipenghujung tahun, kali ini aku mau kilas balik dan mengingat hal-hal yang sudah dilalu selama 365  hari yang lalu. Yang menurut aku bisa dijadikan ‘reminder’  untuk selalu bersyukur dan mengevalusi apa-apa yang harus diperbaiki kedepannya.

Oke, bismillah, kita mulai yaa.

Januari,  2018.
Alhamdulillah, di bulan Januari ini banyak sekali nikmat yang Allah kasih. Salah satunya adalah ketika bisa lulus test kuliah profesi Apoteker dengan segala macam lika-liku dibaliknya. Btw, cerita dibalik kuliah Apoteker bisa kamu baca disini ya.

Ohya, dibulan ini, aku bener-bener harus serba sendiri,  jauh dari keluarga, apa-apa harus mandiri, dan alhamdulillahnya aku juga banyak sekali bertemu dengan orang-orang baru yang baik. Bener banget sih kata Allah di Quran surat Ad-Dhuha: Ketika kita sendirian, Allah lindungi dengan pertemukan orang-orang yang baik. ketika kita kebingungan, Allah kasih petunjuk. Dan ketika kita kekurangan, Allah beri kecukupan. Alhamdulillah.

Februari – Mei, 2018.
Adalah masa-masa dalam  menjalankan perkuliahan apoteker, dari senin sampai minggu, mulai dari jam 07.00 – 17.00. Alhamdulillah, dalam seminggu tersebut, liburnya dihari jumat. Yeay, jumuah mubarak! Selain teori, ada juga jadwal studi kasus, presentase, makalah, dan tugas-tugas lainnya.

Ohya, di awal Mei ini, aku juga menjalankan Try out OSCE yang alhamdulillah nya, ujian OSCE untuk angkatanku belum dilaksanakan, jadi hanya tryoutnya doang gitu. Dan diminggu kedua bulan Mei, ada kegiatan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Dinkes Kota, Instalasi Farmasi Kota dan Puskesmas.

Ohya, satu lagi, dibulan Mei ini adalah bulan Ramadhan, dan ini pertama kalinya sahur dan buka puasa jauh dari  keluarga :’)

Juni, 2018.
Lanjut, setelah menyelesaikan teori, terbitlah ujian. Diminggu pertama Juni, UTS berlangsung. Diminggu berikutnya adalah Hari Raya Idul Fitri, Alhamdulillah  ada libur 10 hari untuk bisa balik kampung. Btw, karena disini gak  punya temen yang sama-sama dari Jambi,  jadi edisi pulang kampungnya emang bener-bener sendiri. Eh ngga ding,  pas transit di Soetta, ketemu temen SMA yang sama-sama mau ke jambi. Gak bener-bener sendiri dong :’)

Setelah 10 hari dijambi, balik ke solo lagi. Melanjutkan jadwal ujian yang kemarin sempat tertunda.

Juli, 2018.
Sampai minggu kedua bulan Juli, masih menjalankan ujian. Iya, kalo ditotalin, kurang lebih ujiannya 1 bulan gitu. Lama? Begitulah, namanya juga ujian :’)

Setelah ujian, ada waktu libur. Nginap sehari di jogja dong! Dan ternyata keesokan harinya ada jadwal ujian kompetensi yang selalu datang dadakan. Bener kan, judulnya doang ‘libur’ tapi nggak yang bener-bener libur :(

Agustus, 2018.
Alhamdulillah, full di Agustus ini kegiatannya adalah PKPA di Apotek. Alhamdulillahnya lagi, aku dapet apotek yang jadwalnya santai banget. Dalam sehari cuma 4 jam doang ke apoteknya. Setelahnya? Mager-mageran di kost. Btw, walaupun jadwalnya singkat,  ilmunya tetep banyak yang didapat. Alhamdulillah :)

Ohya, diawal agustus ini, kita semua tau bahwa alam sedang tidak bersahabat, saudara-saudara kita di Lombok, sedang berduka, diguncang gempa yang cukup banyak memakan korban  jiwa. Allah, terima mereka yang berpulang, lindungi kami yang masih disini. Aamiin. :')

September, 2018.
Adalah jadwal Tryout UKAI internal kampus. Dan dibulan ini adalah  masa-masa paling gabut, karena jadwal TO nya yang sulit diprediksi kapan datangnya, jadi kita gak bisa kemana mana, karena sewaktu-waktu jadwal TO dengan seenaknya datang tiba-tiba. Yakali misal kita mau pergi kemana gitu yang agak jauhan, eh taunya ternyata jadwal TO itu besok. Kan  berabe. Jadi mau gak mau, yaa gabut aja gajelas di kost. And you know  what, ternyata dari satu bulan full di September ini, jadwal TO nya ada di awal bulan, dan akhir bulan. See? Dipertengahan bulan adalah tingkat kegabutan yang paling tinggi!

Ohya, diminggu terakhir bulan September ini, lagi-lagi  kita semua berduka, setelah gempa di Lombok, saudara-saudara kita di Palu-Donggala juga merasakan gempa yang cukup besar, dan disertai tsunami dan fenomena likuifaksi. Semoga semua korban yang sudah berpulang, Allah tempatkan disisi yang terbaik, dan korban yang selamat, Allah kuatkan dan pulihkan kembali :’)

Oktober – November, 2018.
Dari awal oktober sampai akhir november, kurang lebih dua bulan ini tinggal di Semarang. Iya, jadi ini adalah jadwalnya PKPA di Rumah Sakit. Ngomongin masalah PKPA di RS, lagi-lagi Allah itu emang Maha Baik banget. Fyi, lokasi PKPA ini dipilih berdasarkan kemauan sendiri, tapi tergantung dari kampus apakah nge-acc pilihan kita atau tidak. Nah, alhamdulillahnya pilihan aku di acc sama kampus, dapat tempat PKPA yang sesuai keinginan dan kebutuhan. Yaps, jadi dari pas kuliah S1 dulu, ada mata kuliah Elektif III tentang Farmasi Rumah Sakit, nah dosennya saat itu menjelaskan materi yang mana yang dijadikan contoh Rumah Sakitnya adalah Rumah sakit tempat aku PKPA ini. Saat itu sempat ngebatin gitu sih “semoga suatu saat  bisa berkunjung dan liat langsung ke RS itu..”  dan alhamdulillah nya, dimudahkan untuk langsung belajar disana selama 2 bulan. Btw, Terimakasih RS. Dr Kariadi Semarang dan semua orang-orang baik didalamnya  :)

Desember, 2018.
Yeay! udah bulan terakhir ditahun iniiii. Btw, untuk kegiatan dibulan adalah; ngurus semua laporan PKPA, Ujian Kompre RS, ujian kompre Apotek, dan libur! Dan alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Alhamdulillah.

Eits, lagi dan lagi, qadarullah, belum kering luka di Lombok dan Palu, akhir desember ini saudara-saudara kita di Lampung dan Banten juga merasakan duka yang sama, tsunami akibat gunung anak krakatau. Allahu. Semoga dengan banyaknya kejadian bencana ditahun ini, kita makin sadar yaa, gak ada daya upaya kita selain minta perlindungan Allah. Dan makin lebih bertaqwa sama pencipta semesta.

Oke, mungkin segitu dulu Tentang Perjalanan di Tahun 2018. Sejatinya sih tulisan ini dibuat untuk #remindertomyself agar selalu bersyukur, karena semua kebaikan yang kita terima saat ini adalah bukan karena kita yang hebat, bukan, tapi semata-mata karena Allah yang memudahkan urusan kita.  Alhamdulillah, segala puji bagi Allah.

Terimakasih, 2018. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar