Minggu, 03 Juli 2016

Praktik Kerja Lapangan

Waktu, terasa lama jika ditunggu.

Inilah yang saya rasakan pada minggu pertama melaksanakan kewajiban Praktik Kerja Lapangan (PKL) di dua tempat. Tempat pertama: RS BHAYANGKARA, mulai praktik dari jam 08.00 – 14.00. Tempat kedua: APOTEK GRACIA, dari jam 16.00 – 21.00. Rutinitas ini berlangsung selama dua minggu berturut-turut. Dengan waktu dua minggu tersebut, yang pada awalnya ngerasa terbebani, capek, lelah, dan segala bentuk keluhan lainnya, hingga sampai di hari-hari terakhir yang udah terbiasa, jadi ngerasa betah dan ngerasa "kok dua minggunya cepet banget ya.."

Sebagai calon Apoteker yang masih berjuang mendapatkan gelar S.Farm, di tempat PKL ini lah saya baru tau bagaimana menyelaraskan antara teori yang dipelajari dikelas, dengan kenyataan yang ditemukan dilapangan. Yang biasanya dikelas hanya sebatas teori yang ditunjang dengan referensi, setibanya dilapangan, adalah bagaimana sikap yang akan kita lakukan terhadap  teori yang telah ada.

Di lahan PKL, banyak sekali ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan. Mulai dari  belajar membaca resep, menyiapkan, memahami indikasi, serta bagaimana cara penggunaan dari obat-obat yang dibutuhkan pasien. Disamping itu, saya belajar pula bagaimana memberi Pelayanan Informasi Obat (PIO) kepada pasien dengan berbagai macam latar belakang. Belajar tentang pemesanan obat, penyimpan obat, serta belajar bagaimana meracik obat dengan tepat waktu. Nah, untuk hal meracik ini, selain harus tepat waktu, yang perlu diperhatikan adalah tepat dosis. Iya, soalnya yang akan kita racik disini adalah obat yang akan dikonsumsi pasien, bukan lagi ngeracik obat hanya untuk dapetin nilai praktikum  MK Farmasetika Dasar. Jangan sampai asal-asalan, ya. Harus hati-hati.

Alhamdulillah, pengalaman baru pun terukir. Terimakasih untuk kakak-kakak yang sudah membimbing saya dari awal. Barakallah untuk ilmunya ya, Kak. Terimakasih pula rekan-rekan sejawat yang menjadi partner dua minggu ini.  Yang awalnya kita gak deket-deket amat dikampus, akhirnya sedikit banyak jadi tau sifat masing-masing. Semoga kita jadi Apoteker-apoteker yang sukses dimasa depan, ya.




Jambi, 20 Juni 2016 - 2 Juli 2016



   -win-          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar