Sabtu, 23 Maret 2013

Ujian Nasional 2013

     Ujian Nasional udah didepan mata! Kalau kata guru Bahasa Inggris aku, seandainya Ujian Nasional itu mempunyai wujud tampak, maka ia sudah berada disebrang jalan; perlahan mendekat. Untuk SMA sendiri, Ujian Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2013. Dihitung dari hari ini tak sampai 1 bulan lagi. Kabar yang beredar sejak aku duduk dikelas 12 semester 1, Ujian Nasional mempunyai 20 paket soal.      Awalnya sih kurang percaya, gimana mau percaya, tahun kemarin (2011/2012) aja Ujian Nasional nya masih terdiri dari 5 paket soal, dan dalam jangka waktu 1 tahun langsung menambah 15 paket soal. Dan yang lebih parahnya lagi, kalau tahun kemarin kode soal tiap paket itu hanya terdiri dari A86 – B17 – C71 – D32 – E52, dan sekarang katanya udah pake barcode.  Wahwahwah, memang benar apa yang dibilang guru Biologi aku, bahwa angkatan tahun 2013 menjadi kelinci percobaannya pemerintah pendidikan. Udah paket soal  nambah 15 menjadi 20, eh eh kodenya pake barcode pula, kan tambah ribet toh pak/buk-_-
   
Dan ini adalah contoh LJUN 2013. *lihat di pojok kanan atas tercetak barcodenya.
 
(gambar: google-LJUN 2013)

    Sistem tahun ini juga berubah dalam menjawab soal. Jadi, soal sama LJUN itu digabung jadi satu, nah sebelum menjawab kita harus lebih teliti dulu dalam melihat soal dan LJUN, nanti kalau-kalau ada yang rusak  bisa diganti. penggantian LJUN pun beserta soal. Maka dari itu dari awal kita periksa perlembar dari soal&LJUN tersebut, takutnya nanti kalau kita sudah mengerjakan 50% dari soal, ditengah-tengah mengerjakan ada soal yang keliru, maka akan diganti dengan soal baru lagi dengan barcode yang beda, tanpa ada perpanjangan waktu. kan bikin kerja dua kali toh-_-
     Dan informasi yang baru kemarin aku dapat (entah benar atau salah). Bahwa dalam Ijazah angkatan tahun 2013 ini, terdapat tulisan (kalau lulus) : "LULUS UN 20 PAKET + BARCODE". biar beda dari tahun tahun sebelumnya. beda sih beda, tapi bikin ribet-_-

Lanjut ke Ujian Nasional..

     Dalam Ujian Nasional ada 6 mata pelajaran yang di ujikan, baik IPA maupun IPS. Dalam jurusan IPA sendiri pelajaran yang diujikan adalah: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan jurusan IPS 6 mata pelajaran yang diujikan yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi.
Ohya, sebelum Ujian Nasional (UN) ada beberapa ujian yang dilaksanain disetiap sekolah dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda, yaitu yang pertama Ujian Praktik. Disekolah aku sendiri Ujian Praktik (UP) dilaksanain diawal bulan Februari sampai menjelang Ujian Akhir Sekolah. Hampir semua mata pelajaran dipraktikkan dalam UP kali ini. Dan yang kedua yaitu Ujian Akhir Sekolah (UAS), Ujian yang kedua ini dilaksanain pada tanggal 9 – 16 Maret kemarin. Sama seperti UP, UAS juga  menguji semua mata pelajaran. Nilai UAS sendiri berperan dalam membantu kelulusan, karena 40% dari nilai kelulusan diambil dari nilai UAS, dan selebihnya, 60% lagi dari UN.
 Tidak terasa sebentar lagi akan ngelaksanain UN, otomatis sebentar lagi bakal ninggalin sekolah, gamake seragam putih abu-abu lagi, dan mulai berkelana dibangku per-kuliah-an. Sesuatu yang sulit untuk dilupakan dimasa-masa SMA:”)

Ohya ini ada beberapa Pesan dari berbagai sumber yang aku rangkum, pesan ini teruntuk diri sendiri dan teman teman satu angkatan..
Ujian Nasional tinggal menghitung hari, jangan sia-sia-in waktu yang ada dengan keperluan tidak penting. Jangan lupa berdoa setiap habis sholat fardu, kalau bisa laksanain sholat malam (tahajud) dan puasa sunnah Senin Kamis. Jangan lupa minta doa restu orangtua terutama ibu. Buku yang ada dibaca, dipelajarin, jangan twitteran terus-terus-an (ngomong sm diri sendiri). Sebisa mungkin sebelum pelaksanaan UN kondisi fisik, pola makan, olahraga, waktu tidur, dan makan-makanan sehat perlu diatur dan harus dijaga dengan baik. Konsentrasikan pikiran ke satu titik fokus; LULUS UN. Persiapkan mental, atur emosi agar tetap tenang. Hilangkan perasaan tegang, cemas, khawatir, karena itu akan mengganggu/membuyarkan konsentrasi kita saat mengerjakan soal nantinya. Jangan abaikan peralatan ujian, yaitu pensil, rautan pensil, penggaris, papan alas, penghapus, serta nomor ujian. Dalam mengerjakan soal, jangan terlalu terburu-buru, jangan pula terlalu lama, serta kerjakan soal yang dianggap mudah. Jangan lupa memakai jam tangan. Sebelum mengumpul kertas jawaban, sisakan waktu untu memeriksa kembali jawaban jika ada yang belum diisi. Tutup dengan doa. Setelah ujian selesai, jangan bahas-bahas lagi soal yang baru saja diujikan. Persiapkan untuk ujian kedua dan selanjutnya.

Dan semoga untuk semua angkatan 2013 di SMAS ADHYAKSA 1 JAMBI, lulus UN 100%, sama seperti tahun lalu. Amiiiin yaALLAH O:)  Ayooooo! Kita bisa kawan! Masuk sekolah sama-sama, lulus juga harus sama-sama! Ayo win jangan malas-malasan lagi, pending dulu waktu untuk main social media. Fokuskan pikiran bahwa kau harus LULUS dengan nilai yang bagus, win!!  Amiiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar