Selasa, 27 Agustus 2013

10 TIPS NGEBLOG UNTUK PEMULA

Well, sesuai judul dipostingan kali ini, aku bakalan ngasih 10 TIPS NGEBLOG UNTUK PEMULA buat kamu. Mau tau apa aja Tips nya? Dicatat ya! cekidot guys..

1.     Tulislah apapun yang terlintas dipikiranmu, detik ini terlintas detik ini juga dituliskan! Harus!  Sebelum ide nya hilang. Tidak harus langsung nulis diblog, kamu bisa tulis dulu di Ms.Word, memo hp, ataupun kertas buram. Baru setelah itu bisa dipindahkan keblog pribadimu.

2.     Setelah tulisan yang kamu anggap ‘pantas’ untuk diterbitkan diblog, sebelumnya kamu tidak diharuskan untuk membaca ulang tulisanmu itu, dengan re-read kamu bisa cari tahu apa kekurangan tulisan yang akan kamu publishkan itu, dengan kata lain: memudahkan dalam mengedit.

3.     TEKADKAN: harus jadi penulis produktif! Biarpun masih ‘pemula’ jangan mau kalah dengan ‘profesional’. Harus!

4.     MINIMAL tulisan baru harus ‘nagkring’ diblog seminggu sekali. Maksimal? Sebanyak-banyaknya!

5.     JIKA kamu ragu, malu, minder, takut, ataupun semacamnya dalam menerbitkan sebuah tulisan. Anggap saja blog kamu ‘terkunci rapat’ sehingga tak satupun yang akan membaca, cuma kamu satu-satunya pembaca setia. Anggap saja begitu.

6.     BLOG itu punya kamu, jadi suka-suka kamu mau nulis apa aja. Mau curhat tentang mantan/pacar, boleh. Mau beropini tentang koruptor, boleh. Mau apa aja juga boleh!

7.     INGAT! kalau ada temen yang mengkritik tulisanmu jelek, terima saja demi kebaikan tulisanmu selanjutnya. Dan jika ada temen yang memuji tulisanmu, jangan sombong, berterimakasih lah, terus menulis, anggap saja itu sebuah dorongan yang besar!

8.     JANGAN pikirkan “seberapa banyak orang yang membaca tulisanmu”. Tapi pikirkanlah “seberapa banyak tulisanmu yang bisa kau baca sendiri dikemudian hari”.

9.     USAHAKAN semua tulisan yang ada diblogmu itu adalah hasil tulisanmu sendiri. Tidak kopipaste dari blog lain. Biarpun menurut orang tulisanmu itu ‘tak layak’ untuk dipublikasikan diblog, tetap... *sambungannya, baca tips terakhir*

10.  BANGGALAH dalam menerbitkan tulisan sendiri.


Semoga bermanfaat ya. Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar